Jargas harus Dibangun di Daerah Penghasil Migas

22900
ESDM Putuskan Lanjutkan Kontrak Trader Bertingkat
Foto : istimewa

indoPetroNews – Meteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, menginstrusikan agar tiap daerah penghasil minyak dan gas bumi (migas) dapat memprioritaskan pembangunan jaringan gas bumi (jargas) di daerahnya masing-masing.

“Jargas harus dibangun di kota yang ada gasnya. Tidak fair (adil) kalau misalnya wilayah atau kotamadya memiliki sumur gas, tapi masyarakat tidak memiliki sumur gas,” jelas Jonan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Selasa (31/10).

Lebih lanjut, Jonan meminta Pemerintah Kalimantan Timur untuk memetakan wilayah mana yang akan diprioritas untuk pembangunan jargas. “Mungkin Kalimantan Utara, Tarakan hampir seluruh kota punya jaringan gas. Nanti, Kalimantan Timur tolong nominasikan Kutai Kartanegara atau mana,” kata Jonan.

Khusus untuk Kalimantan Timur, Kementerian ESDM sudah merencanakan pembangunan jaringan gas Bumi untuk Rumah Tangga di 2 Lokasi, yaitu Kota Samarinda (4.500 SR) dan Kota Bontang (8.000 SR) dengan jangka waktu pelaksanaan hingga Desember 2017.

Kalimantan Timur sendiri merupakan salah satu daerah penghasil migas di mana terdapat fasilitas produksi lapangan Jangkrik yang baru diresmikan oleh Menteri ESDM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*