Dirjen EBTKE: Hemat Energi Harus Jadi Budaya

11400
Keluarga, Ujung Tombak Gerakan Hemat Energi
Rida Mulyana/Foto: Ist

indoPetroNews – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana mengatakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menggalakkan kampanye perilaku hemat dan efisien dalam penggunaan energi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Gerakan hemat energi harus dilakukan dengan propaganda agar menjadi top of mind”, katanya dalam acara Astra Green Energy Summit 2017 di Jakarta, Rabu (1/11).

“Awalnya kita mulai dari kesadaran dan apabila dilakukan terus menerus akan menjadi perubahan kultur, jadi budaya,” ujarnya.

Menurut Rida, pemerintah terus gencar melakukan kampanye hemat energi. Ia mencontohkan, pihaknya memasang iklan di seluruh armada Garuda Indonesia mengenai gerakan hemat energi, “Potong 10 Persen.” Selain itu, pihaknya juga terus melakukan kampanye di berbagai kota di Indonesia.

Rida mengungkapkan, UU Energi mengamanatkan dua progam utama, yakni diversifikasi dan konservasi energi. Diversifikasi energi dilakukan agar tidak tergantung dari energi berbasis fosil. Sebab, jika mengandalkan energi fosil akan terkendala dengan ketersediaan serta masalah lingkungan.

“Oleh sebab itu, pemerintah terus mengenjot tambahan bauran energi dari Energi Baru Terbarukan (EBT) hingga 23 persen pada 2025 mendatang. Selain diversifikasi, konservasi energi juga harus jalan. Dua-duanya harus berjalan, tidak bisa satu-satu,” katanya. (ksr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*