Qatar Bangun PLTGU dan FSRU di Indonesia

6300
Menteri Jonan Resmikan PLTGU - PLTMG di NTB dan NTT
Foto : kompas.com

indoPetroNews- Imbas dari kunjungan Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani ke Indonesia adalah rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Sumbagut

Nilai investasi Qatar yang tengah berjalan yaitu kerja sama
senilai US$ 1 miliar untuk membangun  (PLTGU) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) 1,3 dan 4 serta Floating Storage & Regasification Unit (FSRU) di daerah tersebut. Pasokan LNG diutamakan berasal dari dalam negeri.

Kerja sama dengan Qatar senilai US$ 1 miliar tersebut, menurut Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam konferensi pers di Kantor Staf Kepresidenan, Senin (23/10/2017), digunakan untuk membangun PLTG Sumbagut senilai US$ 800 juta dan FSRU Sumbagut senilai US$ 200 juta.

FSRU Sumbagut saat ini masih dalam tahap desain. Sementara untuk besaran kapasitasnya, menurut Wamen, lebih kecil dari FSRU Jawa Barat. “Saya lupa berapa persisnya (kapasitas), tapi ini masih dalam tahap desain,” katanya.

Sementara mengenai pasokan LNG untuk FSRU tersebut, tetap mengutamakan dari dalam negeri, meski tidak tertutup kemungkinan untuk dilakukan impor sesuai dengan aturan yang berlaku. “LNG (dari) dalam negeri tetap diutamakan, sesuai dengan Permen (ESDM). Kalau memang dibutuhkan dari luar negeri, diperbolehkan selama harganya masuk sebesar 14,5% ICP. Namun demikian, penandatanganan (kerja sama) hari Kamis malam (19/10), kalau tidak salah itu maksimum harga LNG-nya sebesar 14% ICP,” jelas Arcandra.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo pekan lalu menerima kunjungan Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani ke Tanah Air. Presiden juga mengajak Emir Qatar meningkatkan investasinya di Indonesia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*