Menko Luhut Minta Tingkatkan IPP, Efisienkan PLN

7700
Menko Luhut Minta Tingkatkan IPP, Efisienkan PLN
Foto: sumbawanews.com

indoPetroNews – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah untuk memangkas penugasan PT PLN (Persero). Apa alasannya?

“Bisnis kelistrikan menjadi vital bagi negara sehingga PLN sebagai perusahaan harus menjaga efisiensi demi kinerja terbaik,” kata Luhut, Rabu (18/10/2017) di Jakarta. Peningkatan peran IPP (pengembang listrik swasta/IIP) ini supaya lebih efisien, sehingga margin PLN lebih bagus dan pada akhirnya PLN juga lebih sehat.

Menurut Luhut, porsi swasta dalam pengembangan listrik swasta harus bisa ditingkatkan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan negara lain, seperti Malaysia, Thailand atau Filipina, porsi swasta rata-rata mencapai 60-70 persen. “Di Singapura bahkan sampai 100 persen,” katanya.

Selain itu tambah Luhut, pemerintah tidak akan merevisi target program 35 ribu MW karena menurut dia, dengan target seperti itu, meski nantinya tidak tercapai sepenuhnya pada 2019 tetapi Indonesia akan mendapat pasokan 22 ribu MW hingga 23 ribu MW.

PLN sendiri dalam program 35 ribu MW meraup porsi hingga sekitar 10 ribu MW dan sisanya dikerjakan swasta. “Saya kira perfect (sempurna). Tapi PPA (perjanjian pembelian listrik) semua sudah harus beres pada 2019. Pembangunannya nanti mungkin akan selesai tiga tahun setelahnya,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*