Ladang Minyak Kirkuk Telah Direbut lagi

33400
Ladang Minyak Kirkuk Telah Direbut lagi
Ladang Minyak Kirkuk Telah Direbut lagi

indoPetroNews – Tentara Pemerintah Irak menduduki kawasan Kirkuk untuk mencegah kemerdekaan Kurdi, setelah upaya damai gagal pada Senin (16/10/2017). Namun, pengambilalihan ladang-ladang minyak dan posisi strategis berlangsung tanpa  baku tembak.

Masalahnya, kekuatan Kurdi sendiri terpecah, dan Bagdad telah menjalin kesepakatan dengan salah satu faksi yang memegang posisis strategis terbanyak di Kirkuk.

Rabu (18/10/2017) beredar kabar bahwa Tentara Irak telah mengambil alih Kirkuk sepenuhnya, dan produksi minyak di kawasan itu diharapkan segera kembali normal, seperti disinyalir Reuters, Kamis (19/10/2017).

Sebagai catatan, kawasan ini menghasilkan output minyak sekitar 500,000 barel per hari (bph), atau seperdelapan dari total produksi minyak Irak yang merupakan produsen minyak terbesar kedua dalam OPEC. Di sisi lain, apabila AS kembali menjatuhkan sanksi atas Iran, maka dimungkinkan terjadi penurunan sebesar 1 juta bph dari suplai minyak global. Namun, hal ini akan bergantung pada keputusan Kongres AS yang akan diumumkan dalam waktu terhitung 60 hari sejak Presiden Donald Trump menolak menyertifikasi pernyataan pemantau internasional bahwa Iran telah melaksanakan semua aturan dalam JCPOA. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*