Permen ESDM Harga Jual Gas Disinkronisasi Menko Maritim

32800
Pipa Gas PGN Depan Kantor BNN Bocor
Foto : tempo.co

indoPetroNews- Peraturan Menteri (Permen) ESDM tentang Harga Jual Gas Bumi Pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi telah memasuki tahap akhir. Rancangan aturan tersebut sudah dalam tahap sinkronisasi di Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman. Aturan ini bertujuan menata harga gas bumi di midstream dan hilir migas agar lebih adil bagi badan usaha yang memiliki infrastruktur dan konsumen.

“Sudah selesai Permennya di Kementerian ESDM. Saat ini di Kemenko Maritim sedang sinkronisasi,” kata Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra di Kementerian ESDM, Selasa (17/10/2017) di Jakarta.

Untuk pembangunan pipa atau Infrastruktur, lanjut Arcandra, ditetapkan tingkat interest rate of return (IRR) sebesar 11% dan untuk margin usaha umum sebesar 7%. Saat ini, belum ada aturan sehingga ada badan usaha yang mengambil keuntungan besar, ada pula yang sedikit.

Mahalnya harga gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Pesanggaran ini sama dengan yang terjadi di Sumatera Utara. Namun untuk wilayah tersebut, sudah diperoleh keputusan di mana harga gasnya ditetapkan US$ 9,95 per MMBTU dan berlaku mulai 1 Februari 2017. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*