Menko Luhut Bentuk Tim Pengembangan Teknologi Baterai Mobil Listrik

14200
Menko Luhut Bentuk Tim Pengembangan Teknologi Baterai Mobil Listrik
Foto : bumn.go.id

indoPetroNews- Mobil listrik saat ini jadi trend global. Indonesia juga tidak mau ketinggalan. Apa langkahnya?

Pemerintah, dalam hal ini Kemenko Kemaritiman, mensupport pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Hal ini dibuktikan dengan membentuk tim pengembangan teknologi baterai mobil listrik.

Seperti diketahui, teknologi baterai menjadi salah tantangan yang dihadapi dalam pengembangan mobil listrik.

“Kami sekarang sedang kembangkan studi yang berkaitan dengan kepentingan kami, misalnya baterai mobil listrik dengan ESDM. Sekarang pengembangan kami lakukan dengan mengumpulkan anak-anak Indonesia untuk bekerja bersama, dimasukkan ke tim BPPT dan ITB,” kata Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (17/10/2017) di Jakarta.

Tim tersebut terdiri dari para pegiat teknologi. Sebut saja dari kalangan pelajar hingga ahli. Selain itu ada pula transfer teknologi yang dilakukan dengan Korea Selatan dan China.

“Karena kami bahannya itu banyak, kami enggak mau ekspor ke luar, kami biarlah memproduksi itu. Kerja sama dengan siapa? Ada yang sedang kami lihat dengan Tesla sendiri. Itu yang jadi kunci. Lalu Korsel dan China,” tutur Luhut.

Pengembangan teknologi baterai ini, kata Luhut, penting untuk mendukung produksi mobil listrik dalam negeri ke depan. Dia ingin pada waktunya nanti, Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, bukan malah menjadi pasar teknologi tingkat tinggi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*