SKK Migas – IATMI Selenggarakan Seminar Gas Industri

39100
SKK Migas - IATMI Selenggarakan Seminar Gas Industri
istimewa

indoPetroNews- Indonesia disebut-sebut memiliki sumber gas bumi yang melimpah. Namun kenyataannya terdapat paradoks. Apa paradoknya?

“Gas disektor hulu itu ada. Tapi disektor hilir selalu dipertanyakan keberadaannya,” kata Ketua Ikatan Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) Tutuka Ariadji dalam sambutannya pada acara IATMI Business  Forum Government and Industry Collaboration on Upstream and Downstream Gas Business, Senin (16/10/2017) di City Plaza lantai 9, Jakarta. Untuk itu, forum ini mempertemukan sektor hulu dan hilir serta midstream.

Dalam kesempatan ini, lanjut Tutuka, akan dibahas LNG menjadi salah satu solusi. Tutuka juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) yang telah mensupport terselenggaranya acara forum bisnis ini.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber sebagai pembicara, yaitu Jogi Prayogo dari BPH Migas, Tunggul dari Dirjen Migas, Dani Praditya dari PGN, Sabrun Jamil dari INGTA, Ahmad Wijaya dari Kadin Indonesia, Nanang Abdul Manaf dari Pertamina EP, M. Nizam dari PT PCM Kimia Indonesia dan Sukandar dari SKK Migas.

Menurut Sukandar, hasil produksi minyak dan gas bumi (Migas) per hari ini sekitar 2,1 juta barel equivalen oil per day. Untuk minyak sekitar 800.000 barel oil per day. “Dan yang paling banyak malah gas bumi. Produksi gas, kira-kira equivalen 1,2 juta  million barel equivale  per day. Boleh dibilang hari ini gas yang diupstream tidak terserap dengan baik didownstream yang gas pipa, ” kata Sukandar.

Selanjutnya dia menyatakan bahwa peran pihak SKK Migas berusaha menjadi advisor. “Kita sangat berkeinginan membantu para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) untuk perform. Karena perform Kontraktor KKS adalah juga perform SKK Migas,” imbuhnya. Inilah yang ditanamkan Menteri dan Wakil Menteri ESDM pada SKK Migas. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*