Dalam 2 Tahun Belanja Penerbangan Garuda KKKS Capai Rp336 Miliar

46300
Inilah Blok Migas yang Onstream 2018
Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi

indoPetroNews – Dalam dua tahun terakhir, belanja penerbangan para pekerja di 147 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) mencapai Rp336 miliar. Belanja ini diperkirakan akan meningkat dalam tiga tahun ke depan. Jumlah itu meliputi 70 Kontraktor KKS pada tahap produksi dan 77 Kontraktor KKS sektor eksplorasi. Jumlah itu diperkirakan akan meningkat dalam 3 tahun ke depan hingga mencapai sekitar Rp600 miliar.

Menurut Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, potensi penggunaan jasa angkutan udara masih terbuka lebar di sektor hulu migas.

“Selain untuk operasi rutin yang sudah ada, kebutuhan jasa angkutan udara yang lebih besar lagi adalah untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur besar industri hulu migas yang sedang dan akan berjalan. Potensi kebutuhan ini bertambah dengan adanya upaya SKK Migas untuk mendorong kegiatan eksplorasi di berbagai lokasi.,” kata Amien usai penandatangan nota kesepahaman untuk membangun sinergi bisnis di sektor hulu migas dengan PT. Garuda Indonesia di Jakarta, Jum’at (13/10).

Dia menjelaskan, kebutuhan layanan angkutan udara ini tidak hanya untuk transportasi pekerja, material, dan peralatan operasional dari Kontraktor KKS saja, tetapi juga dari para kontraktor dan subkontraktor yang memperbesar potensi yang sudah ada.  “Ini akan mendorong penciptaan multiplier effect yang lebih besar di samping efisiensi dan percepatan yang diharapkan,” terangnya.

Lokasi operasi hulu migas yang berada di daerah-daerah remote, diyakini dapat menciptakan dampak positif berupa percepatan pengembangan daerah, termasuk pengembangan sarana dan fasilitas pendukung layanan jasa angkutan udara mulai dari perintis sampai bertumbuh seperti daerah-daerah operasi yang sudah ada saat ini.

“Kita berharap semua pemangku kepentingan dapat mendukung operasi hulu migas sehingga multiplier effect hadirnya industri ini akan benar-benar dirasakan oleh daerah,” ujar Amien. (Ksr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*