1.095 Buruh AMT Pertamina akan Long March

16900
Menteri BUMN Angkat Nicke Jadi Direktur SDM Pertamina
Foto : tahuberita.com

indoPetroNews- Sebanyak 50 buruh Awak Mobil Tangki (AMT) Pertamina akan melakukan long march pada Jumat  (13/10/2017) di  Jakarta. Mereka berasal dari 1.095 buruh dari 9 depot di berbagai provinsi yang berada dalam sengketa PHK melawan Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petrofin.

“Kita memprotes sistem yang menindas melalui mogok kerja pada lebaran lalu,” kata Ketua  AMT, Nuranmo dalam keterangannya, Selasa (10/10/2017) di Jakarta. Bagi buruh AMT, katanya, persoalan penindasan di Pertamina juga terjadi di berbagai BUMN, seperti PLN.

Para buruh yang sebagian berasal dari Bandung Jawa Barat ini, akan menyampaikan tema kampanye dan protes dengan tuntutan, “Gugat Negara, Selamatkan BUMN.” Gugatan tersebut mendesak untuk dilakukan pembenahan sistem pengelolaan BUMN.

Buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), kata Nuranmo, menganggap telah terjadi salah urus BUMN, tidak hanya Pertamina Patra Niaga dan PT. Elnusa Petrofin, yang merugikan keuangan negara, konsumen, dan memiskinkan para buruhnya melalui sistem outsourcing. “Para buruh akan bergaya seperti zombi untuk memberikan pesan bahwa buruh BUMN berada dalam kondisi ½ mati untuk sekedar bertahan hidup,” tegasnya.

Aksi yang akan menuntut pembenahan BUMN ini juga mendapat dukungan dari sejumlah gerakan buruh dan gerakan masyarakat sipil lainnya, seperti KSPI, KASBI, GSBI, SP Bank Permata, LBH Jakarta, Konsorsium Pembaharuan Agraria, Federasi Mahasiswa Kerakyatan, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi dan Serikat Mahasiswa Indonesia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*