Wamen ESDM Apresiasi Proyek Micro Hydro for Indonesia

6800
Wamen ESDM Apresiasi Proyek Micro Hydro for Indonesia
istimewa

indoPetroNews- Pemerintah mengapresiasi berbagai upaya inovasi yang dilakukan anak bangsa untuk berkontribusi dibidang Energi Baru Terbarukan (EBT). Salah satu proyek inovasi ini adalah  “Micro Hydro for Indonesia”, inisiatif sosial yang digagas Gamma A Thohir, pemuda berusia 17 tahun. Dengan dukungan dari Yayasan Adaro Bangun Negeri, proyek Micro Hydro for Indonesia telah  menerangi lebih dari 75 rumah tangga di Kasepuhan Ciptagelar melalui pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) berkapasitas 40 kiloWatt (kW).

“Proyek Micro Hydro for Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan akses kelistrikan dan mengurangi kesenjangan listrik antara pusat kota dengan pedesaan. Dan saya merasa terpanggil untuk melakukan proyek sosial ini di desa Kasepuhan Ciptagelar yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota namun belum mendapat pasokan listrik yang cukup,” kata Gamma.

Sementara itu, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, yang hadir dalam Pemaparan Proyek “Micro Hydro for Indonesia” Kasepuhan Ciptagelar di Pasific Place, Kamis (5/10/2017) di Jakarta. mengapresiasi program pemanfaatan listrik seperti yang diinisiasi dan dikembangkan di desa tersebut. Dia berharap, keberhasilan program tersebut menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di seluruh Indonesia dalam berkontribusi aktif bagi masyarakat.

“Pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kreativitas anak muda seperti yang telah dilakukan oleh Gamma. Proyek ‘Micro Hydro for Indonesia’ ini tidak hanya sekadar untuk kepuasan personal, tapi juga mampu menggerakkan anak muda untuk melakukan inisiatif-inisiatif lainnya melalui kontribusi yang positif,” terang Arcandra.

Sebagai catatan, Desa Kasepuhan Ciptagelar, adalah desa adat di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Tak kurang 170 km jarak perjalanan darat ditempuh dari Kota Jakarta untuk mencapai desa tersebut. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*