Harga Minyak Turun, Angka Pengangguran Arab Saudi Naik

32400
Arab Saudi Cari Pendapatan Alternatif Selain Migas
Foto : industry.co.id

indoPetroNews – Anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia ternyata berimbas besar pada meningkatnya angka pengangguran di Arab Saudi. Berapa jumlah pengangguran di negeri kaya minyak tersebut?

Para ahli mengaitkan pertumbuhan ekonomi yang lemah dengan produksi minyak mentah yang rendah di Kerajaan Arab Saudi ditambah dengan kesepakatan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk mengurangi output dalam upaya mendongkrak harga. Hal tersebut semakin memperparah situasi ekonominya.

Menurut laporan pemerintah Arab Saudi, tingkat pengangguran mencapai 12,8 persen. Sedangkan, laporan Dana Moneter Internasional (IMF) juga memberikan gambaran ekonomi yang makin suram di Arab Saudi.

IMF memberikan resep agar Araba Saudi memperlambat langkah-langkah penghematan yang telah diadopsi untuk mengurangi defisit anggaran yang membengkak.

Laporan terbaru IMF terkait konsultasi ekonomi tahunan dengan kerajaan tersebut, yang dipublikasikan pada Kamis, (5/10/2017) memproyeksikan pertumbuhan minyak di bawah 2 persen untuk Arab Saudi pada 2017, turun dari 4 persen di tahun 2015, sementara pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan diperkirakan akan turun mendekati nol. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*