BPH Migas Gelar OPP di Jabodetabek dan Jabar

25700

BPH Migas Gelar OPP di Jabodetabek dan Jabar

indoPetroNews- Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas Bumi (Migas) bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Direktorat Metrologi akan melakukan Operasi Patuh Penyalur (OPP) selama Oktober ini. Apa saja yang bakal dioperasi?

Menurut Muhammad Ibnu Fajar, anggota Komisi BPH Migas, ada beberapa poin penting yang akan diperiksa. Pertama, menyangkut kelengkapan perizinan SPBU. Kedua, spesifikasi BBM yang dijual di SPBU. Ketiga, tera dispenser SPBU. Keempat, keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan SPBU.

Kegiatan OPP ini juga dibagi dalam beberapa tahap, yaitu OPP di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat pada Oktober 2017. Selain itu, OPP di wilayah 3 T (Terdalam, Terluar dan Terpencil) dengan program BBM satu harga di Indonesia pada Nopember dan Desember 2017. Juga OPP direncanakan akan dilakukan diseluruh wilayah Indonesia dengan sistem uji petik pada 2018.

“Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan para penyalur resmi SPBU terhadap peraturan yang terkait legalitas dan perizinan,” kata M. Ibnu Fajar kepada media, Kamis (5/10/2017) di Jakarta.

OPP ini berdasarkan UU No 22 Tahun 2001 tentang Migas Pasal 8 ayat (4) yang berbunyi Pemerintah bertanggungjawab atas pengaturan dan pengawasan kegiatan usaha sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dan ayat (3) yang pelaksanaannya dilakukan oleh Badan Pengatur. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*