PLTB Sidrap, Pembangunan Wind Power Pertama Indonesia

39100
HIPMI Dorong KPK Usut Proyek EBT Mangkrak
Foto : ekonomi.com

indoPetroNews- Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Desa Mattirotasi dan Lainungan, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap akan segera terealisir. Pasalnya, penandatanganan  perjanjian jual beli tenaga listrik antara PT PLN (Persero) dengan PT UPC Sidrap Bayu Energi telah dilakukan pada  Agustus 2015 silam telah selesai dibangun. PLTB ini bakal menjadi awal pemanfaatan sumber energi angin. Berapa kapasitas pembangkitnya?

“Pembangunan wind power Sidrap ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan mungkin salah satu dan tidak banyak negara di Asia yang memiliki PLTB atau wind power,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi PLTB Sidrap, akhir September lalu.

PLTB yang  berkapasitas 75 MW ini merupakan PLTB pertama dan terbesar di Indonesia. Dengan selesainya PLTB Sidrap ini nantinya akan menempatkan Indonesia dalam jajaran negara yang memiliki PLTB berukuran komersial seperti yang telah dimiliki Jepang, Filipina, China, India dan Korea.

Potensi energi angin di kabupaten Sidrap sangat besar, hingga  sekitar 350 MW. Karena itu, Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah pun mendukung penuh pembangunan PLTB Sidrap fase I dan rencana fase II. “Saya mendukung pembangunan PLTB Sidrab fase II, Pemerintah mendorong pemanfaatan energi primer di masing-masing daerah mana yang paling efisien atau yang paling efektif,” tambah Jonan.

Hal senada dengan Jonan, Bupati Sidrap, Rusdi Masse, juga mengutarakan nantinya Kabupaten Sidrap tidak hanya terkenal sebagai lumbung beras dan sapi. Tapi Sidrap akan menjadi kabupaten dengan predikat sebagai kabupaten lumbung energi. “Keberadaan PLTB Sidrap ini, memberikan bukti baru bahwa Sidrap adalah lumbung energi,” ujar Rusdi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*