OPEC dan Non OPEC Diminta Jaga Kestabilan Harga

14600
IEA Yakin Pembatasan Output OPEC Sukses
Foto : seputarforex.com

indoPetroNews- Harga minyak mentah dipasar dunia masih fluktuatif. Oleh karena itu, analis minyak meminta OPEC dan negara-negara produsen lainnya untuk berupaya lebih jauh menjaga kestabilan di pasar minyak.

Menurut Ole Hansen, Pimpinan Strategi Komoditas SaxoBank dalam outlook kuartalannya, fundamental boleh jadi tak cukup kuat untuk mendukung reli lebih lanjut. “Utamanya dalam komoditas yang tergantung pada pertumbuhan ekonomi seperti minyak,” kata Hansen, seperti dikutip Reuters, Rabu (4/10/2017). Sebagian trader khawatir kalau-kalau kenaikan harga minyak sepanjang kuartal III/2017 sudah berlebihan.

Negara-negara yang tergabung dalam OPEC dan sejumlah produsen minyak lainnya, termasuk Rusia, telah bergabung untuk menjalankan kesepakatan pemangkasan output yang diharapkan dapat mendongkrak harga. Namun, upaya tersebut menghadapi banyak halangan. Pelaksanaan kesepakatan sudah 100%, tetapi sejumlah negara OPEC yang tak masuk di dalamnya, justru bebas menggenjot produksi.

Sebagai catatan, produksi minyak di Amerika Serikat, yang tidak ikut andil dalam kesepakatan pemangkasan output tersebut, masih terus meningkat. Produksi AS mencapai 9.55 juta barel per hari (bph) per akhir September, level tertingginya sejak Juli 2017 dan tidak jauh dari rekor tinggi 9.61 juta bph yang tercetak pada Juni 2015. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*