Pajak Gross Split dalam Pembahasan Kemenkeu

5600
Awal 2018 Arab Saudi Kenakan VAT untuk Bensin
Foto : boombastis.com

indoPetroNews- Industri hulu minyak dan gas bumi (migas) sejatinya membutuhkan satu strategi bersama untuk memulihkan sekaligus mendongkrak nilai investasinya. Apa strateginya?

Adanya kepastian perpajakan dalam skema Gross Split sebagai pengganti dari PSC Cost Recovery.  “Menyangkut aturan perpajakan, PPN, dan pajak-pajak tidak langsung, kalau kita kembali ke PP 79 (Tahun 2010) lagi nggak lagi ya, kita masuk ke PP 27 (Tahun 2017). Plus yg kita tunggu adalah yg untuk Gross Split, karena ini masih dibahas tidak fair juga saya serahkan ke Kementerian Keuangan untuk menjawab hari ini, karena masih dibahas,” kata Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Senin (2/10/2017) di Jakarta. Semua pihak saat ini sedang menunggu-nunggu.

Menurut Arcandra, semua di sini berharap-harap cemas, semoga ada kebaikan di Kementerian Keuangan. “Kalau tidak ada kebaikan, ada kemurahan hati untuk membantu Bapak-Bapak. Untuk domain perpajakan ini dialog kita terbuka dengan Kementerian Keuangan. Kan sekali-sekali kita undang dari Kementerian Keuangan, supaya bisa mendengar langsung. Kementerian Keuangan adalah bagian dari solusi,” lanjut Arcandra.

“Kita beruntung Kementerian Keuangan sudah bersama kita. Jadi challenge yang itu (terkait perpajakan) sudah terjawab dan menunggu proses lebih lanjut. Kita cari challenge lain yang isunya bisa lebih memberi nilai tambah untuk kita (terkait teknologi),” tandas  Arcandra.

Sementara itu, Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Kementerian Keuangan Angin Prayitno Aji menyatakan bahwa perpajakan Gross Split masih dalam pembahasan dengan perkembangan yang positif. “Kita juga sedang menunggu seperti apa. Ibu Menteri Keuangan juga ketika ada surat dari IPA, Ibu Menteri bertanya, ini cerita darimana ini belum selesai tetapi kok sudah bertanya seperti ini, artinya ini still in progress Pak, progressnya Insya Allah positif,” ujarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*