Sebanyak 71 Cekungan Migas Belum Diapa-apain

6600
Sebanyak 71 Cekungan Migas Belum Diapa-apain
istimewa

indoPetroNews- Indonesia memiliki potensi cadangan minyak dan gas bumi (Migas) yang besar. Namun sayangnya belum ada yang menjamahnya. Berapa jumlahnya?

“Indonesia mempunyai 128 cekungan migas. Ada lebih dari 50% nya atau sekitar 71 cekungan migas yang berada wilayah timur Indonesia belum tersentuh,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM  Migas, Ego Syahrial dalam diskusi Pertambangan dan Energi Expo 2010, pada Rabu (27/9/2017) di Hotel JW Marriott Jakarta. Karena itu, pemerintah akan lebih memfokuskan pengembangan 71 cekungan minyak dan gas bumi yang ada di wilayah timur Indonesia untuk meningkatkan cadangan migas di masa depan.

Ego menyampaikan, dari 128 cekungan migas yang ada, hanya 20 cekungan yang telah berproduksi. Selain itu, juga ada sekitar 40 cekungan yang pernah dilakukan pengeboran, namun belum dalam tahap komersil.

Sementara itu, dari 71 cekungan migas di Indonesia timur ada 41 cekungan migas yang belum pernah tersentuh untuk pengeboran.

Dikatakan Ego, cadangan migas di wilayah timur Indonesia terbilang cukup besar. Misalnya, Blok Abadi Masela. Namun, kondisi alam dan serta terbatasnya infrastruktur di wilayah tersebut juga membuat sulit dilakukan survei seismik serta pengeboran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*