Departemen Energi AS Laporkan Stok Minyak Mentah AS Turun

33400
AS Genjot Produksi  Minyak, OPEC Ketar-ketir
Foto : inforexnews.com

indoPetroNews- Inventori atau stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) dikabarkan mengalami penurunan sebesar 1.8 juta barel dalam periode penghitungan pekan lalu. Padahal sebelumnya diperkirakan naik 3.4 juta barel. Demikian laporan dari Departemen Energi AS, Kamis (28/9/2017) seperti disinyalir Reuters.

Aktivitas di pabrik-pabrik pengilangan melonjak 5.4 poin ke angka 88.6 persen dari total kapasitas; level tertinggi sejak Badai Harvey menerjang di akhir Agustus lalu.

Sebagian besar fasilitas pengolahan minyak mentah kini telah kembali beroperasi normal, sehingga mendorong penurunan stok di tangki-tangki penyimpanan AS. Walaupun dampak Badai Irma yang menghantam Florida awal bulan ini boleh jadi akan meredam permintaan bahan bakar minyak (BBM) untuk sementara waktu, tetapi kabar dari Departemen Energi AS tersebut menunjang kenaikan harga minyak WTI.

Di sisi lain, pemangkasan output OPEC yang telah mendukung harga minyak Brent, dipertemukan oleh fakta bahwa pangsa minyak asal AS di luar negeri terus meningkat. Minggu lalu, ekspor minyak mentah AS telah mencapai rekor 1.5 juta barel per hari (bph), sementara produksinya secara domestik sudah kembali ke level yang sama dengan sebelum Badai Harvey di 9.55 juta bph.

“Ekspor minyak produksi AS yang sebesar itu akan menjadi ancaman bagi seberapa tinggi harga Brent-WTI dapat melaju,” kata Gene McGillian, Manajer Riset Pasar dari Tradition Energy di Connecticut, sebagaimana dikutip oleh Reuters. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*