Petronas Ajak Media Kunjungi Fasilitas ORF Gresik

25200
Petronas Ajak Media Kunjungi Fasilitas ORF Gresik

indoPetroNews.com – Perusahaan minyak dan gas asal Malaysia, Petroleum Nasional Berhard (Petronas) ajak sejumlah media di Jawa Timur mengunjungi fasilitas penampungan darat (Onshore Receiving Facilities/ORF), yang terletak di Kawasan Industri Maspion (KIM), Manyar Gresik, Rabu (27/9). Kunjungan diikuti sekitar 20 awak media yang berada di wilayah Sampang, Bangkalan, Surabaya, dan Gresik.

“Kunjungan ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menginformasikan kinerja produksi Lapangan Bukit Tua Wilayah Kerja (WK) atau Blok Ketapang, sekaligus wahana membangun komunikasi kepada para wartawan khususnya di sekitar wilayah Sampang, Bangkalan, Surabaya, dan Gresik,” kata Senior Manager Corporate Affairs & Administration PC Muriah, Andiono Setiawan.

Menurut Andiono, sejak dipercaya mengelola WK Ketapang, kegiatan operasi Petronas menunjukkan kinerja yang sangat positif. “Setidaknya ada lima struktur atau sumur yang sudah berproduksi. Produksi yang dihasilkan terbilang bagus yakni sekitar 15 ribu barel per hari (bph). Saat ini Petronas juga sedang melakukan pengeboran di dua tempat untuk pengembangan dengan target 4000 bph,” katanya kepada para wartawan.

“Saat ini Petronas berharap produksi minyak dapat digenjot hingga hasil optimum 20.000 bph sedangkan produksi gas sekitar 30 mmsfd dengan produksi optimum 50 mmsfd,” kata Andiono.

Lapangan Bukit Tua WK Ketapang, berada di Pantai Utara Pulau Madura Jawa Timur. Pipa dasar laut sepanjang 110 km dibangun dari fasilitas ORF dengan kapasitas 70 million standard cubic feet per day (mmsfd).WK Ketapang resmi ditandatangani sebagai kontrak PSC (Production Sharing Contract) dengan Pemerintah Republik Indonesia melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), pada 11 Juni 1998.

Gas yang diproduksikan dari Lapangan Bukit Tua dialirkan ke PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendukung penyediaan listrik di Wilayah Jawa Timur (Jatim) melalui Petrogas Jatim Utama (PJU). PJU adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. (Unt).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*