Ada Upaya Kuasai Ladang-ladang Minyak Irak

16600
Ada 6 Proyek Andalan Hulu Migas
Foto: istimewa

Ada Upaya Kuasai Ladang-ladang Minyak Irak

indoPetroNews- Minyak adalah kekayaan nasional dan milik semua rakyat dan suku di negara ini, termasuk Kurdistan Irak. Saat ini ditengarai ada gerakan untuk mendominasi ladang-ladang emas hitam tersebut. Benarkah?

“Telah terjadi penyalahgunaan kondisi luar biasa yang sekarang terjadi di Irak untuk mendominasi ladang-ladang minyak,” kata Kementerian Perminyakan Irak dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Russia El Youm, Minggu (24/9/2017).

Pihak Kementerian Perminyakan Irak, juga  memperingatkan kepada semua pihak yang berusaha untuk memanfaatkan kondisi tegang di Irak untuk mendominasi kekayaan rakyat negara ini atau untuk intervensi dalam urusan perusahaan-perusahaan minyak termasuk perusahaan minyak Kirkuk.

Kementerian Perminyaan Irak pun menegaskan, meskipun terjadi perselisihan antara pemerintah pusat Baghdad dan wilayah Kurdistan mengenai kebijakan minyak dan tidak adanya komitmen Kurdistan terhadap perjanjian yang disepakati, namun sejak tahun 2003 Kementerian Perminyakan telah berusaha untuk berinvestasi dalam kekayaan nasional dan memenuhi kebutuhan rakyat Irak dari semua kelompok suku dan etnis.

Disebutkan pula bahwa wilayah Kurdistan mengeskpor minyak daerah ini dan menandatangani perjanjian dengan perusahaan-perusahaan asing tanpa pemberitahuan dan koordinasi dengan pemerintah federal. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*