PLN Rencanaka Bangun Transmisi Tertinggi di Dunia

63500
Konsumsi Listrik Lebaran Jawa-Bali Diprediksi Mencapai 16.000 MW
Foto : dumaisatu.com

indoPetroNews- PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana membangun dua tower transmisi listrik crossing Jawa-Bali di Selat Balu. Tinggi kedua tower mencapai 367 meter dan akan menjadi tower listrik tertinggi di dunia.

Tower tersebut lebih tinggi dari Menara Eiffel dan mengalahkan tower listrik tertinggi di dunia saat ini di China dengan tinggi 340 meter. Karena ukurannya, untuk pijakan kedua tower tersebut PLN membutuhkan lahan seluas satu hektar.

Pembangunan tower ini, menurut Manager Unit Pelaksana Proyek Jaringan II Jawa Bagian Timur dan Bali, Indrayoga Suharto, merupakan bagian dari pembangunan 520 tower transmisi Jawa-Bali Crossing.

“PLN menempuh upaya crossing ini untuk mengamankan pasokan listrik di Bali yang penggunaannya rata-rata tumbuh 10-15 persen setiap tahun,” katanya di Banyuwangi, Sabtu (23/9/17).

Pertumbuhan kebutuhan listrik di Bali menurut dia cukup tinggi karena harus menyuplai industri pariwisata Pulau Dewata yang tumbuh pesat. Saat ini permintaan listrik nasional tumbuh rata-rata 8,7 persen per tahun.

Proyek Jawa-Bali Crossing sudah dituangkan ke dalam beberapa regulasi seperti Instruksi Presiden, Peraturan Presiden, dan SK Kementerian ESDM. Saat ini, PLN tengah merampungkan sejumlah perizinan salah satunya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*