Akibat Boikot, Qatar US$ 38,5 Miliar Devisa

30200
Qatar Tetap Pasok LNG Walau Diblokade
Foto : blogspot.com

indoPetroNews- Negeri kaya gas alam, Qatar, dilaporkan telah menghabiskan US$ 38,5 miliar cadangan devisanya dalam dua bulan pertama sejak diboikot oleh negara-negara tetangganya pada Juni dan Juli silam. Padahal sebelumnya, Qatar mengandalkan Arab Saudi dan UEA untuk sebagian besar ekspor gasnya.

Setelah krisis diplomatik meletup, Iran dan Turki mengisi posisi Saudi dan UEA.
Dalam laporannya pekan ini, lembaga pemeringkat internasional Moody’s juga menyebutkan simpanan asing di bank-bank Qatar sudah ditarik sebesar US$ 30 miliar untuk periode serupa. Moody’s menambahkan tidak ada tanda-tanda konflik diplomatik itu bakal segera berakhir.

“Dalam jangka pendek, kami memperkirakan krisis akan berlanjut, sangat mungkin untuk meningkat,” kata Moody’s. “Kerusakan akibat sengketa ini tidak terduga.”

Seperti diketahui, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir sejak 5 Juni lalu memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka beralasan negara kaya gas tersebut dituduh menyokong gerakan terorisme.

Arab Saudi, UEA, dan Bahrain juga menerapkan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar. Boikot berlanjut lantaran negara Arab supertajir tersebut menolak 13 syarat untuk menormalisasi hubungan diajukan Arab Saudi sekawan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*