Launching Minggu Depan, Sekuritas Aset PLN Ramai Peminat

40800
Ini Strategi Perusahaan Setrum Negara Terangi Desa
Foto : sindonews.com

indoPetroNews- Direncanakan diluncurkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), aset PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN)berupa Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) mendapat respon dari investor. Total permintaan bahkan mengalami kelebihan mencapai 2,4 kali dari total nilai penerbitan.

“Dari hasil penawaran terjadi oversubscribed 2,4 kali sehingga dana bisa mencapai Rp 9,6 triliun,” kata Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN Kementerian BUMN, Aloysius K Ro, di kantornya, Jakarta, Selasa (12/9).

PLN berencana meluncurkan sekuritisasi aset pada 20 September dengan menarik dana Rp 4 triliun dari KIK-EBA. Aloysius menjelaskan, aset yang diagunkan dalam KIK-EBA berasal dari piutang anak usaha PT PLN, PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya 1-7, Jawa Barat.

Direncanakan nilai sekuritisasi melalui EBA maksimal akan mencapai Rp10 triliun. Dimana penambahan nilai akan dilakukan bertahap hingga tahun 2018 dengan maksimal nilai EBA Tahap I sebesar Rp4 triliun.

Dana hasil dari produk sekuritisasi ini, kata Sripeni, akan dialokasikan untu pembangunan pembangkit baru, seperti PLTU Suralaya unit 9 dan 10 dengan kapasitas 2×1.000 megawatt (MW). Produk sekuritisasi ini diterbitkan sebagai bentuk diversifikasi pendanaan bagi perusahaan. Alhasil, produk ini menjadi alternatif investasi dan kebutuhan pengembalian dana yang lebih cepat, terutama dengan struktur penyusutan (amortisasi) pokok aset.

Sedangkan bagi negara, sekuritisasi ini dapat menjadi alternatif pembiayaan di sektor infrastruktur. Calon investor yang berminat dapat menghubungi Agen Penjual EBA yang ditunjuk, yaitu PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BNI Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas. Sedangkan, yang bertindak sebagai Manajer Investasi EBA adalah PT Danareksa Investment Management dan Bank Kustodian PT Bank BRI (Persero). (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*