Hari Ini Indo EBTKE Conex 2017 Resmi Dibuka

Hari Ini Indo EBTKE Conex 2017 Resmi Dibuka
Foto : greeners.co

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Rabu (13/9/2017) membuka acara The 6th Indo EBTKE ConEx 2017 in conjunction with Bali Clean Energy Forum (BCEF). Event berlangsung pada 13-15 September 2017 di Balai Kartini Jakarta. Turut hadir pula Kemenko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan  pada acara tersebut dan memberikan Keynote Speech.

Indo EBTKE Conex merupakan acara rutin setiap tahun yang diselenggarakan Direktorat Jenderal EBTKE bersama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) dan telah dimulai sejak tahun 2012 yang bertujuan untuk mensinergikan pemikiran dan tindakan seluruh pemangku kepentingan energi baru, terbarukan dan konservasi energi dalam membangun ketahanan energi nasional.

Sedangkan BCEF merupakan pertemuan berbagai pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional untuk berdiskusi dan mencari solusi mengenai percepatan pengembangan energi bersih. BCEF pertama diselenggarakan pada tanggal 11-12 Februari 2016 di Bali  oleh Kementerian ESDM yang dikoordinasikan Balitbang ESDM bekerja sama dengan International Energy Agency (IEA).

Menurut Menteri Jonan, event  tahun ini, bertajuk “Renewable Energy Is A Solution For Energy Security and Paris Agreement”. “Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengedepankan energi baru, terbarukan,dan konservasi energi (EBTKE) sebagai sumber energi masa depan,” kata Jonan.

Pada acara ini juga ditandatangani juga beberapa kesepakatan terkait pengembangan EBTKE yaitu; Penandatanganan Project EBTKE dengan pihak REI, Penandatanganan Kerjasama Pendanaan untuk Pengembangan Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) antara PLN dan SMI, Kerjasama Riset, Pengembangan dan Pemanfaatan Panasbumi antara UI, UGM, ITB, Trisakti, PLN, dan Geodipa, Penandatangan Balitbang dengan China National Petroleum Corporation.

Beberapa kegiatan pada IndoEBTKE CoNex dan BCEF 2017 antara lain Sidang Panel, Training di bidang EBTKE (bekerja sama dengan GIZ, DANIDA, UNDP, BRITCHAM, USAID-ICED), Pameran, Forum Investasi dan Forum Generasi Muda EBTKE (Youth Forum).

Dalam pelaksanaan Indo EBTKE Conex 2017 in conjunction with BCEF 2017 meliputi kegiatan seminar dan pameran selama tiga hari penuh, dimana BCEF masuk dalam agenda Plenary Session I hari pertama dan Plenary Session 4 hari kedua. Sementara pelaksanaan pada hari ketiga merupakan kombinasi antara seminar, training, dan bilateral meeting business-to-business.

Acara pembukaan acara ini dihadiri oleh sekitar 600 undangan dari kalangan pemerintah, industriawan, asosiasi, peneliti, akademisi, pelajar dan masyarakat umum baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*