METI Gelar The 6th IndoEBTKE ConEx 2017 di Jakarta

METI Bakal Gelar The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017
istimewa

indoPetroNews.com – Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) bakal menggelar The 6th IndoEBTKE ConEx 2017 in conjunction with BALI CLEAN ENERGY FORUM 2017. Event ini akan diselenggarakan pada 13 – 15 September 2017 di Balai Kartini – Jakarta. Tema yang diusung adalah “Renewable Energy is a Solution for Energy Security and Paris Agreement”.

Menurut Dewan Pakar METI, Milton Pakpahan, METI setiap tahun mempunyai agenda rutin tahunan yang mempertemukan semua kalangan dalam pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). “Ada pihak pemerintah, ekonom, kalangan industri dan teknologi maupun dari perguruan tinggi,” kata Milton kepada wartawan, Selasa (5/9/2017) di Jakarta. Direncanakan hadir Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla yang akan membuka IndoEBTKE ConEx 2017.

Dalam forum ini akan mengevaluasi program dan kebijakan energi baru terbarukan. “Ini adalah ajang evaluasi untuk mengukur pelaksanaan energi baru terbarukan,” katanya. Evaluasi menyangkut harga, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), masalah teknologi dan perizinan.

Diakui Milton bahwa persoalan utama dalam pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) terletak pada harga
(feed in tariff). Selama ini pembeli energi berbasis EBT hanya PLN. “Kalau pembelinya ada satu komparasi, yang membeli energi baru terbarukan secara khusus, maka harga bisa naik,” tandas Milton.

Dia juga mengutarakan bahwa upaya untuk mengembangkan EBT sebaiknya juga didukung dengan Undang-undang (UU) EBT. “Saat ini undang-undang EBT hanya parsial, belum secara komprehensif,” tandasnya.

METI, imbuh Milton, sudah siap untuk menyiapkan naskah atau RUU EBT. “Tentu bila METI dipercaya oleh pemerintah,” tandasnya.

Terkait beberapa exhibitor yang telah mengkonfirmasi untuk meramaikan IndoEBTKE ConEx 2017, diantaranya adalah Direktorat Jenderal Energi Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), BPDP Kelapa Sawit, Pertamina (Persero), French Pavilion, PT Sintra Sinarindo Electric, PT PP (Persero), Canadian Solar, Medco Power dan perusahaan nasional lainnya.

Disamping itu, acara ini juga mengundang beberapa special keynote speaker dan speaker, diantaranya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dan Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*