KESDM Serahkan Konverter kit pada Nelayan

25300
KESDM Serahkan Konverter kit pada Nelayan
Foto : indonesiaoversight.com

KESDM Serahkan Konverter kit pada Nelayan

indoPetroNews- Dalam rangka melaksanakan Program Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) dan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) membagikan konverter kit pada
513 nelayan kecil. Penyerahan  paket perdana konverter kit tersebut dilaksanakan pada Kamis (7/9/2017) di Pelabuhan Perikanan Pantai Desa Moro, Demak, Jawa Tengah.

Konverter kit (konkit) ini merupakan bagian dari 16.981 paket konverter kit yang dibagikan tahun 2017 di 26 kabupaten.

Pembagian paket perdana konverter kit secara simbolis diserahkan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial kepada wakil nelayan di Kabupaten Demak.

Pada 2017, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian ESDM membagikan 16.981 paket senilai Rp 120,92 miliar.

Sebelumnya pada tahun 2016, telah dibagikan 5.473 paket perdana konversi untuk nelayan di 5 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Kementerian ESDM, dalam hal ini Ditjen Migas, menugaskan PT Pertamina (Persero) untuk melaksanakan program penyediaan, pendistribusian dan pemasangan Paket Perdana LPG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil di berbagai daerah seluruh Indonesia sejak 2016. Selain 513 paket konverter kit yang dibagikan tahun ini, tahun lalu telah dibagikan juga 400 unit di Kabupaten Demak.

“Dengan menggunakan paket konverter kit ini, nelayan bisa menghemat biaya bahan bakar hingga 50% atau setengahnya, yang biasanya menghabiskan misalkan Rp 100 ribu untuk membeli bensin (BBM), bisa digantikan dengan 2 tabung LPG saja yang jelas harganya jauh lebih murah. Ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke SPBU untuk membeli bensin, dan lagi menghemat biaya bahan bakar,” ujar Ego Syahrial.

Program pembagian paket perdana konverter kit BBM ke LPG dikhususkan untuk nelayan kecil dengan aktivitas mencari ikan sekitar 10 jam per hari atau bisa disebut one day fishing. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*