Badai Harvey  Tenggelamkan 11% Kilang Minyak AS

30300
AS Genjot Produksi  Minyak, OPEC Ketar-ketir
Foto : inforexnews.com

Badai Harvey  Tenggelamkan 11% Kilang Minyak AS

indoPetroNews- Badai Harvey yang melanda Texas Amerika Serikat (AS) telah memporak-poranda fasilitas perminyakan di negeri Paman Sam. Apa saja fasilitas minyak yang rusak akibat terjangan angin topan tersebut?

Badai Harvey ternyata menenggelamkan sekitar sebelas persen kapasitas pengilangan minyak AS dan seperempat produksi minyak AS dari Teluk Meksiko.

Tidak hanya itu, badai tersebut juga mengerek harga gasoline. Gasoline berjangka melonjak 7 persen ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir, pada perdagangan sesi Asia Senin (28/8/2017), seperti disinyalir Reuters. Analis sebelumnya memperkirakan bahwa penonaktifan fasilitas-fasilitas minyak dan gas bumi (Migas) di kawasan yang diterpa Badai Harvey akan mendorong naik harga Gasoline dan produk-produk hasil pengilangan minyak lainnya, serta membatasi produksi minyak bumi AS.

Namun demikian, penilaian mengenai sejauh mana kerusakan ditimbulkan oleh badai ini akan membutuhkan waktu berminggu-minggu. Sementara itu, badai terus berlanjut dengan hujan tak juga mereda. Ke depan, kekhawatiran akan berpusat pada kemungkinan terjadinya ledakan dan kebakaran akibat hujan badai berkepanjangan.

“Kami benar-benar belum tahu bagaimana kerusakan yang ditimbulkan semua hujan ini terhadap infrastruktur energi Houston,” kata Andrew Lipow, presiden lembaga konsultan energi Lipow Oil Associates LLC, kepada Reuters. Menurutnya, pabrik-pabrik pengilangan Texas bisa nonaktif hingga sebulan ke depan jika pompa-pompa drainase badai ditenggelamkan banjir.

Seperti diketahui, Badai Harvey telah menerjang kawasan pesisir negara bagian Texas, Amerika Serikat, dengan kecepatannya mencapai 215km/jam. Badai menerjang sejak Sabtu (26/8) dan diperkirakan kekuatannya akan bertambah. Badai ini merupakan yang terburuk dalam 12 tahun terakhir di kawasan tersebut. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*