PLN Akan Tambah Kelistrikan Jayapura Hingga 70 MW

289100
PLN Akan Tambah Kelistrikan Jayapura Hingga 70 MW
Foto : teropongsenayan.com

PLN Akan Tambah Kelistrikan Jayapura Hingga 70 MW

 

indoPetroNews- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Pembangunan (UIP) Wilayah Papua akan segera menambahkan kapasitas kelistrikan di Jayapura hingga 70 Megawatt (MW) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Holtekam dan Pembangkit Listrik Mesin Gas (PLTMG) Jayapura.

“Dua-duanya sedang dalam tahap menyelesaikan pembangunan, diperkirakan Oktober 2017 sudah beroperasi, ” kata Manager Bidang Operasi Konstruksi PLN UIP Papua, Tona Endora, di Jayapura (27/8/17).

Kedua fasilitas, PLTU Holtekam (2×10 MW) dan PLMG Jayapura (50 MW), kini dalam tahap “conditioning” dan segera dapat dikomersilkan.

Tona menjelaskan, kapasitas yang dimiliki Jayapura sudah mencapai 75 MW yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Waena dan Yarmok, serta Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya. Seiring bertambahnya aktivitas di daerah tersebut, beban puncak paling tinggi di Jayapura mencapai 68 MW, untuk itulah perlu ditingkatkan kapasitasnya kembali.

Selain itu, lanjut Tona, pembangunan dua pembangkit tersebut juga ditujukan untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke-20 2020 di Papua. Diyakininya kegiatan tersebut memerlukan listrik dalam jumlah besar untuk mengoperasionalkan venue PON yang kini sedang dalam tahap pembangunan.

Sebelumnya general Manager PLN UIP Papua Hendrison Lumbanraja sempat mengungkapkan pihaknya menargetkan pembangunan empat proyek kelistrikan bakal rampung pada 2017.

“Pada 2017, ditargetkan ada empat proyek infrastruktur kelistrikan rampung yang mencakup dua pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) jenis MPP (mobile power plant) yakni Jayapura berkapasitas 50 MW dan Nabire 20 MW serta dua GI (gardu induk) yaitu Holtekam dan Jayapura,” katanya. (Gadih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*