KESDM Keluarkan Permen Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Kegiatan Usaha Migas

156800
KESDM Keluarkan Permen Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Kegiatan Usaha Migas
Foto : migasreview.com

KESDM Keluarkan Permen Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Kegiatan Usaha Migas

indoPetroNews- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah menetapkan Permen ESDM Nomor 38 Tahun 2017 tentang Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi. Dengan adanya aturan ini, Perusahaan Jasa Inspeksi Teknis (PJIT) berubah menjadi Perusahaan Inspeksi (PI). Terkait hal tersebut, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Patuan Alfons, menyerahkan Surat Pengesahan sebagai Perusahaan Inspeksi kepada 17 perusahaan  Rabu (23/8/2017) di Gedung Migas, Jakarta

Perusahaan Inspeksi adalah perusahaan jasa yang membantu melakukan pemeriksaan teknis dalam rangka menjamin keselamatan usaha migas, baik keselamatan instalasi maupun peralatan. Berdasarkan Permen Nomor 38 ini, Perusahaan Inspeksi bersifat independen dan ditunjuk langsung oleh badan usaha (BU) atau bentuk usaha tetap (BUT).

“Kalau dulu, setiap badan usaha yang akan menunjuk PJIT, harus mendapat persetujuan kita (Pemerintah). Dengan terbitnya Permen Nomor 38, tidak lagi (perlu persetujuan). Ini sesuai dengan semangat UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas di mana tanggung jawab keselamatan (migas) itu berada di BU atau BUT,” jelas Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Patuan Alfons.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam menjaga keselamatan usaha migas ini, BU atau BUT dapat dibantu oleh Perusahaan Inspeksi yang wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan
pemerintah.

“Kalau BU bisa melakukan sendiri (menjaga keselamatan), mereka lakukan sendiri. Tapi kalau tidak bisa, harus minta Perusahaan Inspeksi untuk melakukan pemeriksaan teknis, instalasi dan peralatan. Selanjutnya, Perusahaan Inspeksi akan mengeluarkan sertifikat inspeksi dan mengajukannya kepada kami. Pemerintah kemudian akan mengeluarkan persetujuan penggunaan peralatan. Sedangkan untuk instalasi, pemerintah mengeluarkan persetujuan laik operasi,” papar Alfons. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*