Ladang Minyak Sharara di Libya Diblokade

228100
Ladang Minyak Sharara di Libya Diblokade
Foto : okezone.com

Ladang Minyak Sharara di Libya Diblokade

 

indoPetroNews- Di benua berbeda, Ladang minyak Sharara di Libya ditutup untuk sementara sejak Sabtu lalu dengan alasan force majeure. Desas-desus yang beredar, penutupan terjadi karena blokade pada terminal penting dari ladang minyak yang menghasilkan 280,000 barel per hari (bph) tersebut.

Kendati demikian, seperti disinyalir Reuters, Senin (21/8/2017), belum teridentifikasi siapa pelakunya maupun latar belakang kejadian.

Dalam jangka pendek, force majeure tersebut bisa meredam ekspor minyak dari negeri anggota Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang sempat dikecualikan dari kesepakatan pemangkasan output gegara seringnya terjadi konflik bersenjata ini.

Walau ada support kuat yang mencegah harga minyak jatuh; analis berpendapat, minyak juga minim pendorong untuk bergerak ke tingkat harga yang lebih tinggi.

“Walau sentimen bearish akhirnya sudah berbalik, posisi investor nampak tegang pada kedua sisi (long dan short), mengindikasikan tak adanya keyakinan kuat di pasar minyak saat ini,” demikian laporan  sebuah catatan untuk klien, bank multinasional asal AS, Citi, seperti dikutip Reuters. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*