Pertahankan Kemerdekaan, SKK Migas Optimalkan Hulu Migas

293500
Pertahankan Kemerdekaan, SKK Migas Optimalkan Hulu Migas
istimewa

Pertahankan Kemerdekaan, SKK Migas Optimalkan Hulu Migas

 

indoPetroNews.com – Sejatinya semua pihak di sektor industri hulu minyak dan gas bumi (migas) berbesar hati meski badai dan krisis ekonomi global belum mulai reda tetapi ada secercah harapan. Pasalnya, penerimaan negara dari sektor migas pada semester I Tahun 2017 melebihi target, yaitu sebesar US$6,48 Miliar atau sekitar 59% dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Upacara tersebut dilaksanakan SKK Migas pada Kamis pagi (17/8/2017) pukul 07.00 hingga 07.52 WIB di areal Gedung YTKI, samping kanan Wisma Mulia, kantor SKK Migas, Jakarta.

Menurut penuturan Amien, SKK Migas telah berhasil melakukan optimalisasi cost recovery (biaya produksi kontraktor yang dibayarkan negara)  hingga US$4,87 Miliar, sekitar 46% dari target. Meskipun pencapaian tersebut belum diikuti dengan nilai investasi hulu migas yang signifikan.

Dia juga menjelaskan, pada semester pertama 2017, rata-rata lifting minyak bumi telah mencapai 802 ribu barel per hari (bopd/barrels oil per day). Sedang untuk gas bumi, lifting mencapai 6 Miliar 338 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd/million metric standard cubic feet per day) atau ekuivalen 1 juta 131 ribu barel minyak ekuivalen per hari (boepd/barrels oil equivalent per day). “Total pencapaian lifting migas Indonesia semester pertama adalah 1 juta 933 ribu minyak ekuivalen per hari (boepd) atau 92% dari target APBN 2017,” kata Amien.

Pencapaian tersebut juga merupakan kontribusi dari lapangan yang sudah mulai berproduksi pada tahun ini yaitu Lapangan Jangkrik oleh Eni Muara Bakau Ltd, dan Lapangan Madura BD oleh Husky-CNOOC Madura Ltd.

Amien berharap semoga ke depannya realisasi proyek-proyek
dapat semakin dipercepat, sehingga ada penambahan baru bagi produksi migas nasional. Di samping itu, Kepala SKK Migas menyinggung masalah kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Adalah anugrah dan kebanggaan bagi seluruh Warga Negara Indonesia karena tepat pada hari ini, perjuangan para pahlawan dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika telah mengantarkan Bangsa Indonesia untuk dapat memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. “Saya mengajak keluarga besar SKK Migas dan Kontraktor KKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) di seluruh penjuru tanah air untuk bersama-sama meneriakkan pekik persatuan dan kesatuan: Merdeka! Merdeka! Merdeka!,” tegas Amien.

Selanjutnya, Amien menyitir pernyataan Bung Karno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya dan menghargai sejarah bangsanya.” Amien mengatakan bahwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah pemberian siapapun, tetapi merupakan hasil perjuangan berabad-abad lamanya.

“Sebagai bangsa yang besar, kita harus optimis bahwa kita dapat mengatasi segala tantangan yang ada di hadapan kita dengan usaha terbaik,” ujarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*