Mahasiswa UP Belajar Bina Desa ke IPB

925500
Mahasiswa UP Belajar Bina Desa ke IPB
Foto : melahayati.ac.id

Mahasiswa UP Belajar Bina Desa ke IPB

 

indoPetroNews- Mahasiswa Universitas Pertamina Belajar Bina Desa ke IPB  Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan pertemuan dengan Universitas Pertamina (UP) Jakarta  di Auditorium Silva Pertamina, Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB, Kamis (10/8/2017). Dalam pertemuan ini sekaligus mengadakan kegiatan terjun ke Desa Cihideung Ilir, Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

Ketua Panitia Bina Desa BEM KM IPB, Muhamad Maruf, mengatakan mahasiswa tidak hanya ‘duduk manis’ di bangku kuliah, tetapi juga harus bergerak untuk meningkatkan kapasitas diri agar bermanfaat bagi sesama. “Sebagai seorang mahasiswa, kita juga mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat,” kata Maruf.

Bina desa adalah program BEM KM IPB dalam melaksanakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Desa Cihideung Ilir mereka pilih karena merupakan desa yang luas dan penduduknya mayoritas adalah petani. Mereka juga mendirikan Rumah Pelangi yakni rumah baca untuk anak anak Desa Ciaruteun Ilir. Rumah Pelangi dibentuk agar anak-anak Desa Cihideung Ilir mempunyai tempat yang layak untuk membaca buku sambil bermain.

Kasubdit Bidang Minat, Bakat dan Penalaran Direktorat Kemahasiswaan IPB, Dr. Ujang Suwarna, mengatakan, acara Bina Desa tidak serta merta berkaitan dengan pertanian saja, tetapi juga bergerak dalam bidang sosial masyarakat. Salah satunya, mahasiswa juga harus bisa mengajar dan  memberikan pelatihan. “Dengan program ini, diharapkan mahasiswa dapat membantu warga desa untuk mengembangkan potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang ada. Kegiatan seperti Bina Desa menunjukkan bahwa mahasiswa pertanian juga bisa kreatif dan inovatif. Karenanya  kegiatan Bina Desa seperti ini dapat ditularkan kepada perguruan tinggi lain,” ujarnya.

Perwakilan Universitas Pertamina, Rangga A. Sudisman menyampaikan terima kasih kepada BEM KM IPB, Direktorat Kemahasiswan IPB dan IPB yang telah menerima kedatangan rombongan Universitas Pertamina untuk belajar dan berkolaborasi mengenai pendampingan serta pembinaan desa. “Ini kesempatan yang sangat bagus bagi kami. Universitas Pertamina adalah kampus baru sehingga sangat pantas untuk belajar kepada IPB,” tuturnya.

Kegiatan Bina Desa ini dilakukan selama dua hari. Rombongan Universitas Pertamina yang berjumlah 130 mahasiswa dan 9 dosen tinggal menginap semalam di Desa Cihideung Ilir. Mereka akan berkomunikasi langsung dengan  forum pemuda desa dan warga desa untuk persiapan kegiatan 17 Agustus 2017 di Desa Cihideung Ilir. Mereka juga mengadakan kegiatan sosialisasi ecobag dan penanaman pohon buah. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*