Laba Pendapatan Elnusa Turun

0
8684
Laba Pendapatan Elnusa Turun
Foto : gatra.com

Laba Pendapatan Elnusa Turun

 

indoPetroNews- Menurunnya kontribusi dari jasa hulu minyak dan gas bumi (migas) di tiga wilayah kerja (blok migas) yang merupakan kontributor utama PT Elnusa Tbk (ELNUSA), Elnusa, ternyata berdampak pada turunnya pendapatan. Berapa penurunannya?

Seperti diketahui, selama ini Elnusa bekerja di tiga blok migas di wilayah Kalimantan Timur yang ketiganya dioperasikan oleh tiga kontraktor asing besar, yaitu Total EP Indonesie di Blok Mahakam. Apalagi tidak lama lagi masa kontrak pengelolalaan blok-blok tersebut akan berakhir. Tentu aktivitas operasional blok juga menurun dan berimbas kepada kontraktor jasa migas utama di blok tersebut, termasuk Elnusa.

Pada paruh 2017, Elnusa menghadapi tantangan bisnis yang sangat signifikan, dikaitkan dengan kondisi industri migas nasional, regional dan global yang belum sepenuhnya pulih. Meskipun berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 16,4% menjadi Rp1,99 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, namun laba bersih yang dapat diatribusikan kepada entitas induk turun menjadi Rp14 miliar jika dibandingkan Rp145 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

“Selain akibat menurunnya jumlah proyek dari segmen hulu migas karena aktivitas jasa hulu migas nasional yang terdampak penurunan harga minyak dunia, kinerja Elnusa di tahun ini juga sebagian besar dipengaruhi oleh menurunnya kontribusi dari jasa hulu migas di tiga wilayah kerja (blok migas) yang merupakan kontributor utama Elnusa,” kata Budi Rahardjo, Direktur Keuangan Elnusa kepada wartawan, Kamis (10/8/2017) di Jakarta.

Namun, kabar baiknya adalah setelah masa pengelolaan tersebut berakhir tentu akan dikembalikan kepada pemerintah Republik Indonesia, dalam hal ini untuk dikelola Pertamina sehingga diharapkan akan meningkatkan kembali aktvitas blok dan operasi Elnusa ke depannya.

Faktor lain yang sangat mempengaruhi kinerja Elnusa pada paruh pertama tahun ini adalah adanya beberapa proyek besar di bisnis jasa seismic dan jasa drilling & oilfield yang baru berjalan pada semester kedua tahun ini. Sehingga diestimasikan hasil kerja proyek tersebut  akan mendorong pertumbuhan tinggi kinerja Elnusa pada paruh kedua nanti. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*