Dorong Investasi Lebih Baik, KESDM Revisi 3 Permen

65100
ESDM Minta OJK Biayai 46 Proyek EBT yang Mangkrak
katadata.co.id

Dorong Investasi Lebih Baik, KESDM Revisi 3 Permen

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini melakukan sosialisasi revisi beberapa regulasi di bidang  energi baru terbarukan (EBT) dan ketenagalistrikan dalam rangka penyempurnaan dan percepatan investasi. Apa saja regulasi yang direvisi tersebut?

Ada 3 aturan yang diumumkan. Pertama, Permen ESDM Nomor 45 tahun 2017, revisi atas Permen ESDM 11/20117 tentang Pemanfaatan Gas Bumi untuk Pembangkit Tenaga Listrik.

Kedua, Permen ESDM Nomor 50 tahun 2017 yang merupakan hasil revisi kedua Permen ESDM 12/2017 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan Untuk Penyediaan Tenaga Listrik.

Ketiga, Permen ESDM Nomor 49 tahun 2017, ini penyempurnaan atas Permen ESDM 10/2017 tentang Pokok-Pokok Dalam Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik.
“Perubahan aturan ini dilatarbelakangi oleh upaya pemerintah sebagai regulator dalam mewujudkan iklim usaha yang makin baik dengan tetap mendorong praktik efisiensi. Di samping itu, Pemerintah juga terus mengusahakan harga listrik yang wajar dan terjangkau agar dapat dinikmati oleh masyarakat,” ujar Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Andy Sommeng, Kamis (10/8/2017) di Jakarta.

Lebih lanjut Someng menjelaskan, revisi ini dimaksudkan untuk memberikan rambu-rambu dalam jual beli ketenagalistrikan. “Revisi Permen 10, 11, dan perubahan kedua dari Permen 12 akan memberikan rambu-rambu dalam jual beli tenaga listrik yang sehat, efisien dan transparan berdasarkan hak dan kewajiban masing-masing,” jelasnya.

Dalam Permen ESDM 49/2017 (revisi Permen ESDM 10/2017), ketentuan mengenai risiko yang ditanggung PT PLN (Persero) dan Badan Usaha berupa perubahan kebijakan atau regulasi (government force majeure) dan ketentuan mengenai keadaan kahar (force majeure) berupa perubahan kebijakan atau regulasi (government force majeure) dihapus. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*