Ini Strategi Pemerintah Kejar Lifting Migas

458600
Dirjen Migas Siap Sesuaikan Harga BBM
Foto : mediaindonesia.com

Ini Strategi Pemerintah Kejar Lifting Migas

 

indoPetroNews- Berbagai strategi dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) untuk mengejar realisasi lifting minyak. Apa saja strateginya?

Pihak KESDM berupaya untuk menerapkan teknologi terkini dan tepat guna dalam produksi. Selain itu, juga menerapkan efisiensi waktu dalam pelaksanaan pengeboran, workover/well service.

“Kita juga mendorong percepatan kegiatan ekslorasi dan penyelesaian proyek pengembangan lapangan,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) KESDM Ego Syahrial kepada wartawan, Rabu (9/8/2017) di Jakarta. Pihaknya juga telah melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kehandalan fasilitas produksi untuk meminimalkan unplanned shutdown.

Dia menyatakan, pihaknya pun mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) untuk menambah investasi dalam kegiatan eksploitasi seperti pemboran dan workover.

Hal lain yang juga ditempuh agar lifting mencapai target adalah melakukan optimalisasi stok minyak untuk di lifting. “Kita berperan aktif mengatasi masalah non-teknis seperti perizinan, pembebasan lahan, dan lain semacamya,” tandas Ego.

Untuk mendorong tumbuhnya investasi, lanjut Ego, pihak KESDM juga telah menerbitkan skema Kontrak Bagi Hasil Migas Gross Split (Permen ESDM No. 8 Tahun 2017).

Upaya lainnya adalah mendorong efisiensi pengelolaan biaya. Disamping itu juga berupaya mempercepat dan mengefektifkan eksplorasi & eksploitasi,” kata Ego.
Sebagai catatan, lifting minyak sebesar 779 barel per hari pada tahun 2016.

Capaian semester I pada tahun 2017 sebesar  802 barel per hari. Dan ditargetkan sebesa 815 barel per hari pada akhir tahun 2017.

Sedangkan capaian gas bumi sebesar 1.189  barrel oil equivalent per day (boepd) pada tahun 2016.

Untuk semester I pada tahun 2017 sebesar  1.131 barrel oil equivalent per day (boepd)

Sedangkan target pada tahun 2017 sebesar 1.150 barrel oil equivalent per day (boepd). (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*