DEN Monitoring Penyusunan RUED

384800
DEN Monitoring Penyusunan RUED
Foto : migasreview.com

DEN Monitoring Penyusunan RUED

 

indoPetroNews- Dewan Energi Nasional (DEN) saat ini melakukan monitoring perkembangan penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) di 34 provinsi. Dari 34 provinsi tersebut, supervisi RUED dipimpin langsung oleh Kementerin ESDM dan Bappenas.

Menurut Abadi Poernomo, salah seorang Anggota DEN, dari monitoring tersebut, terdapat 7 provinsi yang sudah menganggarkan kegiatan RUED yaitu Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bengkulu, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Ada 15 provinsi yang telah melakukan kegiatan penyusunan RUED seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, DI Yogyakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat,” kata Abadi kepada wartawan, Rabu (9/8/2017) di Jakarta.

Namun, katanya, masih ada 12 provinsi yang masih memerlukan perhatian khusus karena belum secara aktif melaksanakan penyusunan RUED. Ini menjadi fokus bahasan sidang DEN ke 22. “Artinya kita telah mensosialisasikan itu, namun kurang mendalam. Diperlukan usaha-usaha lebih keras dan nanti akan difasilitasi oleh Bappenas pada saat mengadakan rapat-rapat koordinasi dengan pemerintah daerah,” ungkap Abadi.

Hal-hal tersebut akan menjadi tugas pokok dari Bappenas yang akan dipimpin oleh Kepala Bappenas dan didampingi oleh anggota DEN untuk menuangkan konsep-konsep Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sehingga bisa masuk ke dalam perencanaan-perencanaan daerah.

Penyusunan RUED merupakan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional. Dalam Pasal 4, ditetapkan bahwa Dewan Energi Nasional bersama Kementerian (ESDM) melakukan sosialisasi RUEN kepada instansi terkait baik pusat maupun daerah dan pihak lain terkait dan pembinaan penyusunan rancangan Rencana Umum Energi Daerah – Provinsi (RUED-P). (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*