Menteri ESDM Sosialisasikan Permen Nomor 48/2017

97600
RPBN 2019 Dipaparkan Menteri ESDM di Raker Komisi 7 DPR
Foto: liputan6.com

Menteri ESDM Sosialisasikan Permen Nomor 48/2017

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada Senin (7/8/2017), melaksanakan sosialiasi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 48 Tahun 2017. Permen tersebut merupakan revisi dari Permen Nomor 42/2017 tentang Pengawasan Pengusahaan Pada Kegiatan Usaha di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

Menurut Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Permen Nomor 48 Tahun 2017 bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan yang melakukan kegiatan usaha sehingga mewujudkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat dengan tetap menjaga iklim investasi.

Ruang lingkup Permen No 48/2017 mengatur tentang berbagai hal, diantaranya menyangkut Minyak dan Gas Bumi (Migas).

Khusus menyangkut Migas, termaktub di dalam Permen tersebut mengenai pengalihan partisipasi interest harus mendapat persetujuan Menteri ESDM. Hal lainnya juga menyangkut pengalihan saham yang mengakibatkan Pengendalihan Secara Langsung harus mendapat persetujuan Menteri ESDM melalui pertimbangan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Disamping itu, Permen tersebut juga mengatur soal pengalihan saham yang mengakibatkan Pengendalian Secara Tidak Langsung harus dilaporkan kepada Menteri ESDM melalui kepala SKK Migas.

Hal lainnya juga menyangkut soal perubahan direksi atau komisaris harus dilaporkan kepada Menteri ESDM melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi.

Selain migas, Permen tersebut juga menyentuh soal ketenagalistrikan, Minerba dan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

Permen No.48/2017 ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 3 Agustus 2017 di Jakarta. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*