Impor-Ekspor Minyak Mentah Qatar Anjlok

Qatar Tetap Pasok LNG Walau Diblokade
Foto : blogspot.com

Impor-Ekspor Minyak Mentah Qatar Anjlok

 

indoPetroNews- Aksi boikot yang dilakukan oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir terhadap Qatar menyebabkan turunnya  volume impor-ekspor minyak mentah. Berapa prosentase penurunannya?

Menurut laporan data dari Kementerian Pembangunan, Perencanaan, dan Statistik Qatar, Rabu (2/8/2017) menunjukkan impor minyak mentah Qatar pada bulan lalu merosot 22,4 persen setelah Mei sebelumnya meningkat 8,3 persen. Sedangkan ekspor non-minyak Qatar juga melorot 15,1 persen.

Secara umum, pemboikotan yang dilakukan negara-negara Arab tetangga tersebut telah menyebabkan impor Qatar bulan lalu anjlok sekitar 40 persen.

Data  impor Qatar pada Juni 2017 melorot 37,9 persen ke angka US$ 1,61 miliar dibanding periode serupa tahun lalu. Sedangkan nilai impor Mei tahun ini hanya turun 0,3 persen ketimbang periode sama tahun lalu.

Seperti diketahui, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir sejak 5 Juni lalu memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka beralasan, Qatar memback up berbagai aksi terorisme. Arab Saudi, UEA, dan Bahrain juga memberlakukan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar.

Qatar telah menolak 13 tuntutan diajukan keempat negara pemblokade itu sebagai syarat menormalisasi hubungan. Sejak blokade dilakukan, Iran dan Turki menjadi pemasok bahan makanan untuk Qatar. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*