Wamen ESDM Targetkan 3 Bulan Ada Pembeli Gas Masela

34700
KESDM Keluarkan Permen Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Kegiatan Usaha Migas
Foto : migasreview.com

Wamen ESDM Targetkan 3 Bulan Ada Pembeli Gas Masela

 

indoPetroNews- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) saat ini mencari pembeli gas produksi dari Blok Masela. Menurut informasi, beberapa kalangan telah menyatakan minatnya untuk membeli gas tersebut. Siapa calon buyernya?

Menurut Wakil Menteri (Wamen) ESDM, Arcandra Tahar, pemerintah tetap mengutamakan pembeli dari dalam negeri.

“Kita utamakan (pembeli) dari dalam, tapi kalau nggak ada di dalam, yang lebih utama itu produknya,” kata Wamen Arcandra Tahar pada Selasa (1/8/2017) di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta.

Wamen menargetkan dalam waktu tiga bulan ini, sudah dapat ditentukan pembelinya. Kendati demikian, Wamen tidak menjelaskan siapa calon pembeli gas Masela. Dia hanya menyatakan bahwa dalam menentukan pembeli ini, salah satu kendala yang dihadapi adalah harga gas. “Salah satu kendalanya adalah harga gasnya. Ini sedang kita lihat bagaimana bagusnya harga gas ini,” tambahnya.

Pemerintah berkeinginan gas dari Blok Masela tidak hanya sebatas dijadikan LNG saja, tetapi juga dapat digunakan untuk petrochemical dan pupuk sehingga menciptakan nilai tambah. “Selama ini bahwa gas itu terambil dalam rangka memperpanjang hilirisasi. Ini hilirisasi juga namanya, menjadikan gas menjadi methanol atau mungkin nanti sampai ke polyethylene, misalnya kalau itu dijadikan chemical,” tandas Arcandra.

Sebagai catatan, kontrak kerja sama Blok Masela telah ditandatangani oleh PT Inpex Masela Limited dan Shell Upstream Overseas Services pada 16 November 1998 dan berlaku hingga  2028 dengan nilai cadangan gas di blok ini sekitar 10,7 triliun kaki kubik. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*