Qatar Pemimpin Bisnis Gas Alam Sejagat

32400
Pipa Gas Duri-Dumai Wujud Sinergi Pertamina-PGN
Foto : okezone.com

Qatar Pemimpin Bisnis Gas Alam Sejagat

 

indoPetroNews- Masa depan industri minyak dan gas (migas) Qatar akan sangat bagus walaupun saat ini Qatar diblokade oleh Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain. Optimisme tersebut ditegaskan oleh Presiden sekaligus CEO Qatar Petroleum Saad Syarida al-Kaabi.

“Blokade terhadap Qatar malah membuat negara Arab mungil (Qatar) itu makin kuat,” kata Saad Syarida al-Kaabi, seperti disinyalir Al-Jazeera, Rabu (26/7/2017).
Dirinya memastikan Qatar bakal tetap menjadi pemimpin dalam bisnis gas alam di dunia.

Seperti diketahui, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain telah menerapkan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar setelah ketiga negara Arab Teluk itu bersama Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Mereka beralasan negara Arab mungil tersebut menyokong terorisme.

Saad Syarida
Al-Kaabi menjelaskan Qatar setiap tahun mengekspor hampir 80 juta ton gas alam cair ke beragam negara. Dia menekankan blokade darat, laut, dan udara dilakukan tiga negara tetangga tersebut sejauh ini tidak mempengaruhi rute pelayaran kapal-kapal tanker gas alam Qatar, karena masih bisa berlayar melewati Selat Hormuz.

Dia menyebutkan Qatar memasok gas alam ke Jepang, Korea Selatan, Cina, Taiwan, Thailand, Pakistan, India. Di Timur Tengah, mereka menyuplai ke UEA, Kuwait, Yordania, Mesir, Turki, Spanyol, Prancis, Belgia, Polandia, Jerman, Inggris.

“Kami mengirim kepada siapa saja membutuhkan LNG (gas alam cair),” katanya.

Dia melanjutkan, “Tidak ada satu pun pembeli LNG yang tidak menghubungi Qatar untuk memasok.”

Dia meyakini masa depan industri minyak dan gas Qatar akan sangat bagus. Dia memastikan Qatar bakal tetap menjadi pemimpin dalam bisnis gas alam di dunia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*