KESDM Sederhanakan Perizinan Hulu Migas

61600
KESDM Sederhanakan Perizinan Hulu Migas
Foto : katadata.com

KESDM Sederhanakan Perizinan Hulu Migas

 

indoPetroNews- Untuk meningkatkan iklim investasi hulu migas, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menyederhanakan perizinan serta mempersingkat waktu pengurusan. Saat ini izin migas telah disederhanakan menjadi 6 izin dari sebelumnya 104 izin dan waktu pengurusan izin dari sebelumnya 45 hari menjadi 15 hari.

Penurunan waktu pengurusan izin migas dari 45 hari menjadi 15 hari atau maksimal 25 hari tersebut, papar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) IGN Wiratmaja Puja, Rabu (26/7/2017) di Jakarta. Syaratnya, seluruh persyaratan telah terpenuhi atau lengkap.

Oleh karena itu, lanjut Wiratmaja, pihak yang mengajukan izin hendaknya harus melengkapi persyaratan yang diperlukan.

“Dulu izin migas resminya 45 hari, sekarang kami sudah turunkan 15 hari, kalau ada masalah 25 hari. Tetapi syaratnya harus dipenuhi dulu. Begitu syarat tidak dipenuhi, kita kembalikan. Kita langsung tolak. Diterima, besoknya langsung tolak,” kata Wiratmaja.

Di waktu yang lalu, apabila ada persyaratan yang belum lengkap, tidak langsung ditolak sehingga pengurusannya makan waktu berbulan-bulan. Bahkan bisa mencapai tahunan.

“Sekarang izin begitu masuk, syarat tidak lengkap satu saja dibalikin. Jadi bolanya tidak lagi di Pemerintah, langsung ke badan usaha atau stakeholder yang harus melengkapi,” tambahnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*