Percepat Tender SKK Migas Siapkan PTK 007 Buku Kedua Revisi 04

109800
Percepat Tender SKK Migas Siapkan PTK 007 Buku Kedua Revisi 04
istimewa

Percepat Tender SKK Migas Siapkan PTK 007 Buku Kedua Revisi 04

 

indoPetroNews- Selama ini proses pengadaan barang/jasa dalam industri hulu minyak dan gas bumi (migas) dirasakan sangat panjang dan lama. Karena itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan memperpendek mata rantai birokrasi proses pelelangan. Bagaimana strateginya?

SKK Migas telah merevisi Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 buku kedua revisi 04. Salah satu butir revisi adalah proses metode negosiasi yang baik. “Ini agar metode lelang lebih efisien menjadi 15 hari,” kata Djoko Siswanto, Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas dalam sambutannya pada acara Masukan Terhadap Petunjuk Pelaksanaan Tender PTK 007 Buku Kedua Revisi 04, Rabu (26/7/2017) di lantai 9, City Plaza, Jakarta. Selama ini proses tender lelang barang dan jasa membutuhkan waktu hingga 1 tahun.

“Tentu ini merugikan kedua belah pihak, baik pihak vendor dan kontraktor,” katanya. Panjangnya durasi lelang, boleh jadi karena SKK Migas terlalu birokratis atau ada persoalan dalam konsorsium. Oleh sebab itu, lanjut Djoko, berharap ada regulasi yang pasti.

Revisi PTK 007 buku kedua revisi 04 menjadi salah satu upaya untuk memangkas panjangnya birokrasi proses lelang. Menurut Djoko, dalam revisi PTK 007 tersebut diatur juga masalah sanksi kepada pihak vendor dan pihak kontraktor. “Ada sanksi merah, kuning dan hitam. Untuk sanksi pada pihak kontraktor diwacanakan sanksi financial. Tapi ini belum ada formulasinya,” tandas Djoko.

Sementara itu, Erwin Surjadi, Kepala Divisi Pengadaan SKK Migas, memaparkan tentang Perubahan Utama PTK 007 Buku Kedua Revisi 04 dan Petunjuk Pelaksanaan Tender. “Tujuan revisi ini untuk mencari harga yang terbaik,” tegas Erwin.

Dia menjelaskan bahwa revisi PTK 007 buku kedua revisi 04 memuat soal negosiasi. Negosiasi dilakukan mengacu kepada HPS/OE, atau kepada harga termurah apabila harga termurah dibawah HPS/OE sehingga menemukan harga pasar yang wajar.

Selain itu, lanjut Erwin, PTK 007 buku kedua revisi 04 ini juga memuat soal kepesertaan penunjukan perusahaan asing. Penunjukan langsung sampai dengan tahap full scale. Apabila akan dilakukan penunjukan langsung kepada penyedia barang/jasa yang tidak memiliki agen/perwakilan di wilayah NKRI, penunjukan langsung dapat ke perusahaan asing. Disamping itu, untuk tender barang yang tidak terdapat di buku APDN (non APDN), perusahaan asing dapat ikut tender. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*