TMP Listrik Indonesia Masih Belum Rata

47600
Menteri Jonan: 2019, 20.000 MW Pembangkit Listrik Siap Operasi
Foto : fokusbisnis.com

TMP Listrik Indonesia Masih Belum Rata

 

indoPetroNews- Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) PT PLN (Persero)  belum sama rata di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut diakui oleh Kepala Divisi Niaga PT PLN (Persero), Benny Marbun dalam acara peluncuran dan diskusi Electricity Supply Monitoring Initiative (ESMI) pada Selasa (25/7/2017) di Jakarta.

“Ada perbedaan pasokan kualitasnya,” kata Benny. Namun dari waktu ke waktu pihaknya selalu berusaha untuk memperbaiki kualitas pelayanannya kepada setiap pelanggan. Oleh sebab itu, Benny berharap agar masyarakat mau melapor  tentang pelayanan, tegangan, sambungan dan kondisi listrik di lapangannya.

Lebih jauh Benny mengemukakan bahwa pihaknya telah mengusulkan kepada Dirjen Listrik terkait persamaan kualitas tegangan, pasokan, pelayanan dan sambungan dan lain lainnya. “Kesamaan antara wilayah Pondok Indah di Jakarta Selatan dengan wilayah lainnya. Atau antara daerah Jawa dan di luar Jawa,” kata Benny. Hal ini demi terwujudnya rasa keadilan energi.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform, Fabby Tumewa mengkritik tentang adanya ketidaksamaan kualitas tegangan, sambungan, pasokan dan pelayanan PLN kepada pelanggannya. “Padahal masyarakat membayar listrik dengan harga yang sama antara satu dengan lainnya,” kata Fabby.

Sementara itu, Tulus Abadi, Ketua YLKI mengatakan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan kualitas listrik yang baik.

Dirinya mempunyai pengalaman berkaitan dengan kondisi listrik di rumahnya. “Kalau saya lagi ngecharge handpone di rumah itu butuh waktu 4 jam. Tetapi kalau di kantor hanya butuh waktu 2 jam,” katanya. Selain itu, kondisi AC gampang anjlok bila tegangan listrik tidak stabil.

Menurut Tulus, infrastruktur PLN banyak yang tua dan tidak sepenuhnya ditangani. Oleh karena itu, kapasitas dan kualitasnya harus ditingkatkan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*