Anjloknya Harga Minyak Dorong Lambatnya Ekonomi Timteng 2017

44900
Ekspor Minyak Mentah Qatar Melorot
Foto : islamicgeo.com

Anjloknya Harga Minyak Dorong Lambatnya Ekonomi Timteng 2017

 

indoPetroNews- Pertumbuhan ekonomi Timur Tengah pada tahun 2017 melambat secara signifikan. Prediksi tersebut diumumkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

Demikian dilaporkan kantor berita Islamic Republic News Agency (IRNA), pada Senin (24/7/2017) bahwa IMF menyatakan, di antara negara-negara Timur Tengah, Arab Saudi menyaksikan penurunan pertumbuhan ekonomi tahun ini. “Pertumbuhan ekonomi mereka hampir menyentuh angka nol,” demikian laporan IMF.

IMF mengatakan bahwa pada 2016, Timur Tengah memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dari prediksi sebelumnya. Salah satu alasannya adalah pertumbuhan ekonomi Iran setelah sanksi internasional dicabut dan naiknya ekspor minyak.

Pada 2016, pertumbuhan ekonomi Iran termasuk output minyak mencapai 6,5 persen.

IMF memperingatkan bahwa jika harga minyak terus anjlok, dampak negatif yang lebih besar akan dirasakan oleh negara-negara eksportir minyak di kawasan ini. Saat ini harga minyak diperdagangkan kurang dari 50 dolar per barel.

Negara-negara eksportir minyak mencatat kerugian ratusan miliar dolar dan mengalami defisit anggaran akibat anjloknya harga minyak sejak pertengahan 2014. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*