DEN Upayakan Pembangunan 4,5 Juta Jargas

100100
DEN Upayakan Pembangunan 4,5 Juta Jargas
Foto : smiagiitb.com

DEN Upayakan Pembangunan 4,5 Juta Jargas

 

indoPetroNews- Konversi minyak tanah ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) dapat diibaratkan seperti perpindahan dari mulut buaya ke mulut harimau. Lho, apa alasan nya?

“Sebenarnya LPG itu minyak juga. Kita harus impor juga sehingga subsidinya juga tinggi,” kata Andang Bachtiar, anggota Dewan Energi Nasional (DEN) kepada wartawan, Jumat (21/7/2017) di Jakarta. Besaran subsidinya pun hampir sama dengan subsidi listrik.

Oleh karena itu, pihaknya coba menekan Perpres yang baru 22/2017. “Kita coba tekan sedemikian rupa sehingga LPG tidak terus menerus dipakai tetapi menguatkan Jaringan Gas Bumi (Jargas),” kata Andang.

Dan, lanjut Andang, “Itupun ternyata setelah rundingan dengan kawan-kawan Dirjen Migas, kita hanya bisa memasukkan jaringan gas hingga tahun 2025 sebanyak 4,5 juta sambungan. Anda bisa bayangkan kalau kemampuan membangun jaringan gas itu cuma 200.000 – 300.000. Itupun mesti ada orang yang dipanggil ke kejaksaan,” paparnya.

Selanjutnya Andang, mempertanyakan kenapa selama ini tidak bisa membangun sambungan gas. “Karena itu yang bikin pemerintah melalui penugasan dan lain sebagainya,” katanya sembari mengimbuhkan pihaknya berupaya agar jaringan gas 4,5 juta sambungan dapat direalisasikan pada tahun 2025. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*