EIA Laporkan Stok Minyak Mentah AS Turun

326300
SDF Berupaya Kuasai Sumur Minyak Suriah
Foto: cnnindonesia.com

EIA Laporkan Stok Minyak Mentah AS Turun

 

indoPetroNews- Persediaan minyak mentah dan gasoline sama-sama turun lebih dalam dibanding ekspektasi dalam periode penghitungan mingguan yang berakhir pada 14 Juli 2017. Demikian Energy Information Administration (EIA) melaporkan seperti disinyalir Reuters, Jumat (21/7/2017).

Stok minyak mentah turun 4.7 juta barel; melampaui ekspektasi yang sebelumnya dipatok pada -3.2 juta barel, sekaligus menjadi pekan ketiga beruntun data ini menunjukkan penurunan. Stok Gasoline pun merosot sekitar 4.5 juta barel, melangkahi perkiraan 655,000 barel; dan stok hasil distilasi berkurang 2.1 juta barel, padahal diperkirakan akan naik 1.2 juta barel.

“Di tengah penurunan besar-besaran ini, EIA menyatakan bahwa total stok minyak AS masih berada di atas rata-rata wajar musiman. Namun demikian, pasar mensinyalir penurunan stok mengarah pada peningkatan permintaan akan minyak mentah dan produk turunannya,” tulis EIA dalam laporannya.

Sementara itu, terlepas dari kabar baik asal benua Amerika tersebut, merebak sejumlah informasi yang mengirim sinyal beragam dari OPEC.

Arab Saudi menyatakan tengah mempertimbangkan akan mengurangi ekspor minyak mentahnya. Pengurangan sebanyak 1 juta barel per hari (bph) akan ditujukan untuk mengimbangi kenaikan output Libya dan Nigeria, sembari mempertahankan total pemangkasan output yang disepakati OPEC.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters di ibukota Kuwait, Menteri Perminyakan Kuwait, Essam El-Marzouq, menyampaikan keyakinannya bahwa kesepakatan pemangkasan output OPEC berfungsi baik. Karenanya, tak ada perlunya mengadakan pertemuan luar biasa OPEC sebelum jadwal reguler di bulan November. Tak perlu juga mempertimbangkan pengurangan output dalam jumlah lebih besar, karena sebaiknya melihat dahulu data kepatuhan anggota per akhir Juli. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*