Kontribusi Perusahaan Lokal di Proyek Pembangkit Gas dan Uap Tambak Lorok 3

33700
Indonesia Bisa Operasikan Kapal LNG, Tanpa Tergantung Singapura
Foto : fokusbisnis.com

Kontribusi Perusahaan Lokal di Proyek Pembangkit Gas dan Uap Tambak Lorok 3

 

indoPetroNews- Perusahaan lokal harus berperan dalam program pembangunan pembangkit listrik kapasitas 35.000 MW. Jangan semuanya asing yang berperan. Demikian harapan yang disampaikan Suroto, Direktur Wilayah Jawa –  Bali PT Hutama Karya (Persero) atau HK, Rabu (19/7/2017) di Jakarta, seusai jumpa pers pengumuman ditunjuknya HK bersama Marubeni Corporation (Marubeni) dan General Electric (GE) sebagai kontraktor Engineering, Procurement and Construction (EPC) proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap Tambak Lorok 3 (Tambak Lorok) oleh PT PLN (Persero).

Menurut Suroto proyek Tambak Lorok baru akan dibangun. “Jumat lalu (14/7/2017) kita kontrak. Juga kita perlu financial closing sekitar 6 bulan. 28 bulan harus sudah selesai,” kata Suroto.

Pembangkit listrik yang diperkirakan mulai beroperasi pada medio 2020 tersebut diharapkan mampu menghasilkan sekitar 780 MW tambahan daya listrik untuk jaringan listrik di Tanah Air. “Ini setara dengan kapasitas yang dibutuhkan untuk menerangi lima juta7 rumah penduduk,” kata Suroto.

Disamping itu, Tambak Lorok juga akan menjadi proyek ketenagalistrikan terbesar sepanjang sejarah Indonesia Power (IP) dan pembangkit satu-satunya dan pertama di Asia Pasifik yang menggunakan turbin gas HA terbaru milik GE.

Pembangkit listrik Tambak Lorok akan menggunakan turbin gas terbesar dan paling efisien, GE, 9HA.02 dan turbin uap GE D650, generator panas pemulihan uap (heat recovery steam generator/HRSG) dan perangkat pembangkit tenaga listrik pendukung lainnya.

Menurut Suroto, selain Tambak Lorok, PT HK juga menggarap proyek pembangkit Muara Tawar. “Masih pada tahap persiapan. Dibutuhkan waktu 2,5 tahun dengan kapasitas 650 MW,” katanya.

Selain itu, HK juga mengerjakan 6 proyek pembangkit lain. “Tahun ini ada 2 proyek. Tahun depan juga ada,” tandas Suroto. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*