KESDM Gulirkan 8 Insentif Hulu Migas

60300
Dirjen Migas Terbitkan SE Keselamatan Operasi Instalasi Migas Saat Ramadhan dan Idul Fitri
Foto : katadata.co.id

KESDM Gulirkan 8 Insentif Hulu Migas

 

indoPetroNews- Pemerintah mengupayakan berbagai terobosan agar industri hulu minyak dan gas bumi (migas) tetap bergairah kendati situasi harga minyak global kurang menguntungkan. Apa saja terobosannya?

Selama ini Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010 dianggap sebagai salah satu penghambat investasi hulu migas. Akibatnya, Wilayah Kerja (WK) migas yang dilelang sepi peminat. Karena itu, pemerintah merevisi PP tersebut menjadi PP Nomor 27/2017. “PP 79 Tahun 2010 kurang memberikan kepastian hukum,” kata Sekretaris
Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Suswanto, dalam paparannya saat memberikan Workshop Media  PP Nomor 27/2017 tentang Perubahan atas PP No. 79/2010 tentang Biaya Operasi yang dapat dikembalikan dan Perlakuan PPh di bidang Usaha Migas pada Rabu (19/7/2017) di Ruang Damar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta. Pelaksanaannya (PP 79/2010) juga menimbulkan persoalan.
Untuk itu, pemerintah telah merevisi PP 79/2010 menjadi PP 27/2017.

Dia menyatakan terdapat beberapa strategi dan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah memberikan insentif hulu migas.

Pertama, DMO holiday. Kedua, adanya percepatan depresiasi. Ketiga, adanya investment credit. Keempat, adanya blok basis pada masa eksplorasi. Kelima, bebas pajak untuk cost sharing. Keenam, sliding scale. Ketujuh, bebas pajak selama masa eksplorasi dan eksploitasi. Kedelapan, adanya fasilitas perpajakan. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*