Ekonomi Indonesia Tidak Lepas dari Energi

73200
Ekonomi Indonesia Tidak Lepas dari Energi
Foto : maxmanroe.com

Ekonomi Indonesia Tidak Lepas dari Energi

 

indoPetroNews- Masa depan produksi listrik Indonesia menjadi bahasan dalam ‘Powering Indonesia,’ konferensi yang diselenggarakan oleh GE bekerja sama dengan PLN dan MKI untuk membahas berbagai tantangan dan kesempatan terkait ekosistem energi di Indonesia. Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral; Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; dan Sofyan Basir, Presiden Direktur PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN), hadir  dalam acara tersebut.

“Kemampuan Indonesia untuk tumbuh – secara ekonomi maupun sosial – bergantung kepada ketersediaan listrik, dan bagaimana kita memproduksi listrik tergantung kepada kemampuan kita membiayainya, menjamin ketersediaannya terus menerus dan keamanannya. Kita menyadari industri energi Indonesia sedang mengalami transformasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan hal ini memerlukan pemahaman luas mengenai lanskap energi yang terus berubah. Berbagai perubahan ini didorong oleh perkembangan teknologi, keprihatinan yang meningkat terhadap dampak lingkungan, perilaku konsumen yang selalu berubah, kebijakan-kebijakan baru, naik-turunnya ketersediaan dan harga bahan bakar serta keterbatasan sumber daya,” kata Handry Satriago, CEO GE Indonesia, Rabu (19/7/2017) di Jakarta.

“Inilah alasan kami menyelenggarakan konferensi ‘Powering Indonesia,” di mana seluruh pemangku kepentingan dapat mengetahui tantangan-tantangan utama yang harus dihadapi oleh pelaku industri kelistrikan. Melalui konferensi ini, aspirasi dapat bertemu dengan upaya-upaya nyata untuk mengatasi beragam tantangan tersebut dan pada akhirnya membangun sebuah ekosistem energi yang secara khusus dapat memenuhi kebutuhan Indonesia yang unik,” tambah Handry.

Penerapan teknologi digital terbaru untuk meningkatkan dan mengoptimalkan aset-aset dan jaringan listrik Indonesia yang dipadukan dengan turbin gas yang paling efisien, teknologi batu bara yang ultra-super critical serta pengembangan pembangkit listrik, transmisi dan jaringan distribusi yang ada saat ini diharapkan dapat menghadirkan penghematan biaya yang signifikan bagi negara sekaligus mengurangi emisi karbon untuk mencapai tujuan utama yaitu efisiensi, keandalan serta keberlanjutan energi.

Sehubungan dengan hal ini, GE memperkenalkan Ekosistem Energi sebagai pilar utama konferensi tersebut. Ekosistem Energi GE merupakan sistem yang menghubungkan teknologi industrial dan teknologi digital guna mendukung seluruh rantai pasok listrik, mulai dari produksi dan distribusi hingga konsumsi listrik. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*