SKK Migas – ADPM Gelar Diskusi Alokasi Gas

22300
SKK Migas Dorong Efisiensi di Semua Sektor
Foto : eksplorasi.id

SKK Migas – ADPM Gelar Diskusi Alokasi Gas

 

indoPetroNews- Upaya untuk terus  memaksimalkan pengelolaan pemanfaatan alokasi gas bumi terus dilakukan. Walaupun demikian perlu ada mitigasi resiko dalam pengelolaan pemanfaatannya. Utamanya dalam hal kepastian skema pemanfaatan gas. Apa saja mitigasinya?

“Memastikan demand gas sesuai dengan volume gas yang diminta,” kata Waras Budi Santosa, Kadiv Monetesasi Minyak dan Gas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), saat memaparkan presentasinya pada acara Diskusi Kebutuhan dan Alokasi Gas di Daerah Anggota ADPM, Senin (17/7/2017) di City Plaza Lantai 9 Jakarta.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya adalah Parulian Sihotang, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Andang Bachtiar, Sekjen Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) dan para perwakilan daerah penghasil migas. Terdapat 10 daerah yang memerlukan dan mengusulkan alokasi gas, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Blora, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Wajo, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menurut Waras, secara finansial, harus siap untuk membangun infrastruktur dan pemenuhan komitmen komersial dalam kontrak (PJBG).

Selain itu, pihaknya juga mendukung pemenuhan kebutuhan gas di daerah penghasil migas.

Dia juga menyatakan soal kerjasama antara perusahaan daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan investor selayaknya juga dapat mendukung dan meningkatkan ekonomi daerah dan pendapatan asli daerah.

Menurut Waras, pengembangan bisnis BUMD sejatinya diimbangi juga dengan melakukan sharing knowledge soal praktik bisnis. Selain itu, lanjutnya, dapat meningkatkan dukungan dan peran BUMD dalam melaksanakan proyek sesuai target serta menerapkan prinsip good  governance corporation.(Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*